Latest Movie :

SEPUTAR KERUSAKAN PADA HANDPHONE

Kerusakan pada HP seringkali merepotkan kita, padahal di dalam HP tersebut biasa tersimpan semua data penting, nomor telepon, kalender, daftar janji dan sebagainya.
Berikut ini ada 25 penyakit ponsel yang umum terjadi, berikut dengan sedikit analisa penyebabnya. Bagi dokter, kalau sudah tahu penyakitnya dan penyebabnya, gampang, tinggal dicari obat yang cocok saja. Jadi anggap saja, dengan membaca informasi ini anda belajar menjadi dokter ponsel. Setidaknya untuk ponsel sendiri.
PERANGKAT KERAS PADA PONSEL
1. Housing ( Casing )
Sebagai wadah untuk menempatkan PCB.
2. Keypad
Sebagai media input untuk menulis huruf, angka dan perintah lainnya.
3. Keynotes
Satu komponen berbentuk lempengan yang berkedudukan di bawah keypad yang berfungsi untuk penghubung antara keypad dengan board.
4. LCD (Liquid Crystal Display)
Umumnya kita mengenalnya sebagai screen/layar., berfungsi sebagai tampilan untuk berbagai angka, nomor, gambar, dsb.
5. LCD Conector
Berguna sebagai media penghubung LCD Interface ke LCD agar dapat menampilkan tayangan ke LCD.
6. Earpiece ( Speaker )
Berguna untuk mengubah frekuensi menjadi suara yang bisa ditangkap melalui telinga sebagai input oleh pendengaran kita.
7. Mic.
Mengubah suara menjadi frekuensi sebagai output untuk didengar oleh lawan bicara.
8. Antena
Berguna untuk menangkap sinyal frekuensi.
9. Connector Antena
Berguna sebagai media penghubung antena ke PCB.
10. Battery
Berfungsi sebagai penyimpan tenaga listrik, dan sumber energi ponsel.
11. Connector Battery
Sebagai penghubung battery ke PCB yang intinya mengalirkan listrik untuk kehidupan ponsel.
12. Back Casing
Sebagai penutup belakang dari bagian ponsel.
13. Vibrator
Berguna sebagai sinyal getar membantu bunyi ringer.
BAGIAN INTERNAL (KOMPONEN PADA PCB)
1. Power Amplifier IC
Komponen tersebut berperan sebagai penguat tegangan sinyal yang dihasilkan VCO (Voltage Controll Oscilator).
2. Antena Switch
Saklar yang bekerja secara otomatis untuk menentukan kerja antena apakah berfungsi sebagai penerima atau pengirim sinyal RF dan sekaligus sebagai pemisah antara gelombang frekuensi tinggi (DCS 1800 MHz) dan frekuensi rendah ( GSM 900 MHz).
3. Filter IC
Berfungsi sebagai penyaring sinyal RF untuk masuk ke bagian selanjutnya, baik sinyal masuk maupun sinyal keluar.
4. IF Filter IC
Intermedia Frequency berfungsi mengubah frekuensi yang keluar dari filter menjadi frekuensi tengah.
5. Signal Processor IC
Memiliki pekerjaan yang paling menentukan untuk pekerjaan mengolah sinyal masuk dan keluar sekaligus memisahkan sinyal gelombang radio maupun gelombang suara.
6. Crrystal Oscilator
Pembangkit getaran.
7. VCO
Voltage Control Oscilator, ada dua macam untuk bagian penerima dan bagian pengirim sinyal. Berperan sebagai penggetar ( pembuat) sinyal pertama kali ketika CPU mulai memerintah Ponsel untuk transmit maupun receive.
8. Power Supply IC
Bagian yang mengatur distribusi arus listrik ke berbagai komponen yang diperoleh dari Battery.
9. Audio IC
Komponen yang mengolah sinyal dari signal prosesor untuk dirubah menjadi getaran suara dengan bantuan alat pengeras suara ( speaker).
10. Charging IC
Komponen yang berfungsi untuk mengisi ulang baterai yang sudah habis.
11. Switch On/off
Saklar untuk menghidupkan dan mematikan ponsel.
12. Interface Controller
Alat atau media yang berfungsi sebagai terminal yang mengatur kerja komponen lain seperti lampu LED/ dering dan getar.
13. CPU
Central Processing unit, alat yang secara otomatis memproses semua perintah yang dilakukan oleh pengguna ponsel dengan pedoman yang ada di dalam EEprom dan RAM.
14. RAM
Random Access Memory, alat untuk menyimpan dokumen yang dimasukkan oleh pengguna ponsel, seperti dering, logo, nama dan alamat.
15. Eeprom
Electrically Eraseable Programmable Read only memory, alat yang berisi program dasar untuk bekerjanya ponsel yang dilakukan oleh CPU dan tidak dapat dirubah oleh pengguna ponsel biasa, kecuali bahasa pemrograman dan alat khusus.
16. IC Flash
Kerja dari ini adalah untuk mengirim dan memerintah setiap program dan data pada ponsel.
17. IR diode
Infra Red Diode, alat untuk mengirim dan menerima gelombang yang berisi data tertentu tanpa harus menggunakan kabel.
18. LED
Light Emited Diode, alat yang dapat memancarkan cahaya bila diberi arus listrik.
19. Fleksible Cable
Alat berbentuk lembaran tipis berisi lempengan tembaga yang dapat menghantarkan arus listrik sebagai penghubung bagian satu dengan yang lainnya serta bersifat elastis.
20. Buzzer/ Ringer
Alat yang mengeluarkan bunyi/ suara sebagai nada / tanda.
21. SIM Reader
Alat penghubung kartu telepon dengan ponsel.
22. Plug In
Alat yang dapat menghubungkan perangkat pengisian battery (Charger) menuju PCB.
23. Board connector
Alat ini ada pada beberapa ponsel jenis tertentu. Pada umumnya ponsel yang memiliki perangkat ini adalah ponsel-ponsel yang memiliki dua buah board (PCB) dan kegunaan dari alat tersebut adalah menghubungkan kedua board tersebut.
Penyakit Sinyal
1. No Signal
Tidak ada sinyal, kerusakan ini dapat kita lihat dengan tidak adanya tayangan garis atau tanda sinyal pada layar LCD. Namun demikian, perlu juga didapat informasi dari operator yang bersangkutan, meski kemungkinan kecil. Sebab, sangat jarang operator sama sekali kehilangan sinyalnya, kecuali jika seluruh BTS tidak berfungsi dengan baik. Bila ponsel mengalami kerusakan semacam ini, biasanya bagian yang rusak adalah ICPA (IC Power Amplifier). Jika kerusakan melanda ICPA, itu menandakan 20% dari seluruh komponen mengalami gangguan.
2. No Network
Tidak ada jaringan, kerusakan inipun dapat kita lihat melalui tayangan pada layar LCD. Sama seperti kerusakan pertama, kemungkinan terbesar kerusakan terjadi pada ICPA. Namun demikian, kerusakan sinyal seperti ini juga mesti dilihat dari kondisi operator yang digunakan. Ada juga ponsel yang mengalami kesulitan dalam proses searching, hingga mengalami kerusakan seperti ini.
3. Call Ended
Panggilan gagal, biasanya Tulisan ini akan muncul pada tayangan LCD apabila si pengguna ponsel melakukan panggilan keluar dan mengalami kegagalan tramsit (pengiriman).
4. Low signal
Sinyal lemah, kerusakan inipun dapat kita ketahui melalui LCD dengan tanda minimnya garis penunjuk sinyal pada layar LCD. Kerusakan ini biasanya disebabkan karena antenna. Bila terjadi pada ponsel yang menggunakan internal antenna, dimungkinkan karena membuka casing secara paksa.
5. 112 Only
Panggilan darurat saja, inipun dapat kita lihat melalui layar LCD. Kondisi ini dimungkinkan, apabila koneksi perangkat SIM Card dengan ponsel mengalami gangguan, hingga yang muncul 112 only. Itu artinya, ponsel dapat digunakan untuk menghubungi nomor darurat saja. Gejala 112 only, No Network, dulunya sering terjadi pada Ericsson seri T28, yang memang dikenal sebagai produk gagal. Tetapi sekarang hampir semua produk Ericsson tidak ditemukan lagi gejala- gejala seperti diatas. Bila ditemukan gejala tersebut diatas khususnya untuk ponsel baru yang bergaransi dapat dilakukan perbaikan, demikian pun untuk ponsel tidak resmi alias BM. Tetapi bila ponsel tersebut BM maka bisa diindikasikan spare part pergantian kerusakan tidak orisinil.
6. Unstable Signal
Tidak stabilnya sinyal, ditandai dengan adanya tanda garis sinyal naik turun. Sangat tergantung dari kondisi jaringan milik operator. Tidak stabilnya sinyal ini bisa disebabkan karena kekuatan baterai yang tidak sesuai dengan ponsel.
7. Searching Ended
Ponsel mati tiba- tiba pada saat melakukan pencarian sinyal. Jika sinyal sering naik turun, dapat menyebabkan kegagalan dalam proses searching, hingga dilayar ponsel keluar informasi searching ended.
8. Power off when Sending
Ponsel mati pada saat melakukan panggilan. Sinyal tetap kelihatan bagus, tetapi ketika menekan nomor dan menekan “yes” ponsel tiba- tiba mati. Dibeberapa ponsel kerusakan ini sifatnya sementara. Coba saja matikan ponsel beberapa saat, lantas hidupkan kembali. Namun demikian, bila hal itu tidak menghilangkan penyakit ponsel, diperlukan penanganan.
9. Temporary Signal
Sinyal penuh tetapi hanya sesaat. Sinyal mental- mental, tiba- tiba ada tiba- tiba kosong lagi. Penyebab bisa karena system pensinyalan ponsel. Gejala kerusakan yang sering muncul di ponsel dan pada hampir semua merk, yakni tidak ada sinyal, tidak ada jaringan atau 112 only. Untuk semua produk merek Ericsson yang bergaransi, bila terjadi kerusakan demikian, maka dapat dipastikan akan diganti 100% ponsel yang baru. Asalkan kerusakan bukan karena pemakai, tetapi memang produk tersebut yang rusak. Sedang merek Nokia dan Siemens, garansi yang diberikan hanya pada pergantian mesin atau board baru. Untuk casing atau keypadnya tetap yang lama.
Penyakit Power Supply
10. Failure to Power on
Ponsel tidak mau hidup, tetapi dapat melakukan pengisian battery. Dapat dipastikan 100% kerusakan terjadi pada ICPA.
11. Abnormaly Power On
Ponsel mati hidup berulang- ulang. Untuk kerusakan ini, disebabkan karena software tidak stabil atau waktu penginstalan tidak sempurna. Jalan keluarnya melakukan up grade software.
12. Wasful Battery
Boros baterai, ponsel yang dapat menguras isi baterai dalam waktu yang singkat walaupun menggunakan baterai yang baik dan normal. Kerusakan juga terjadi pada ICPA, dengan tingkat kerusakan 50%.
13. Battery Over Heating
Battery terasa panas saat terpasang. Kerusakan dapat terjadi pada ICPA, konektor baterai atau baterainya yang rusak. Dengan demikian diperlukan penelahan terhadap kerusakan. Jika mengalami hal seperti ini, coba dulu mengganti baterai lain dan lakukan deteksi. Bila tetap panas, dipastikan kerusakan terjadi pada dua kemungkinan lainnya.
14. No Charging
Tidak dapat mengisi ulang baterai. Ada beberapa kemungkinan kerusakan. Pertama kerusakan terjadi pada charger. Cara mengetahuinya coba Charge ponsel lain sejenis. Kedua terjadi pada konektor pengisian ulang yang ada di ponsel. Ketiga system power ponsel sudah tidak memadai. Dan keempat, disebabkan karena baterainya rusak. Untuk memastikan kerusakan diperlukan mengecek satu per satu.
Penyakit pada Komponen Atribut
15. No Voice
Tidak adanya suara yang keluar maupun masuk melalui speaker. Dapat dipastikan 95% kerusakan pada speaker.
16. Sircuit Over Heating
Rangkaian komponen ponsel terasa panas melebihi kondisi normal. Kemungkinan besar ICPA ponsel mengalami kerusakan.
17. No Ringtone
Tidak terengarnya dering melalui buzzer. Software tidak bagus, maka perlu di upgrade kembali. Hal ini sering terjadi pada Nokia seri 6510 atau 8310. Sedang merek Ericsson kerusakan ada pada buzzer (speaker kecil khusus ringtone).
18. No Vibrate
Tidak adanya getaran melalui vibrator. Biasanya kerusakan ini disebabkan karena alat vibratornya mengalami gangguan. Bisa juga software perintah vibratornya yang kurang sempurna. Untuk ponsel Nokia perlu di upgrade kembali.
19. LCD Damage
Tayangan LCD yang bergaris, buram, hitam keseluruhan, bahkan tidak ada sama sekali tayangan yang tampil. kerusakan LCD, atau lampu pada LCD. Menandakan LCD mesti diganti.
20. No Light
Lampu LED yang mati secara permanen. Disebabkan karena lampu LCD putus atau rusak. DImungkinkan juga kerusakan terjadi pada konektor LCD.
21. Insert SIM Card
Ponsel tidak dapat membaca kapasitas kartu. Kerusakan terjadi pada software atau conector SIM Card-nya yang rusak. Bila kartunya yang tidak beres kecil kemungkinannya.
22. Hang Keypad
Keypad tidak dapat berfungsi dengan baik. Keytone yang rusak, atau penghubung keytone dan board pada IC.
23. Flip Sensor
Ponsel tidak bisa aktif saat flip dibuka. Kerusakan pada magnet flip. Langkah deteksi adalah menelah sensor di dalam flip.
24. Connectors Damage
Konektor- konektor yang sudah tidak berfungsi dengan baik. Hal ini ada tiga indikasi yang perlu diganti, bisa baterainya, charger atau SIM Card-nya.
25. Hang
Ponsel tidak mau bekerja. Ini disebabkan karena system operasionalnya tidak sanggup menerjemahkan perintah. Ponsel yang sering hang biasanya dikarenakan mendapat perintah yang bertubi- tubi, sementara mesin sedang menjalankan perintah sebelumnya. Misalnya, kemampuan mengetik SMS anda sangat cepat, sementara ponsel tidak mampu bekerja sesuai dengan kecepatan tangan, akibatnya bisa hang. Atau juga anda membuka menu berlainan secara bersama, menjalankan beberapa aktivitas pada ponsel dalam waktu bersamaan dan sebagainya. Biasanya, vendor menyediakan software terbaru untuk menghindari persoalan semacam ini.
TIP-TIP HAND PHONE
UPLOAD RINGTONES ERICSSON
Buat yang belum pernah tahu, saya bagi-bagi ilmu nih…
khusus untuk mereka pemilik ericsson yang ada irDa (infra red : spt.
T28,29,39,68), dan buat yang punya irDA device di desktopnya. Anda bisa
mengirim sebuah dokumen notepad untuk mengedit ringtones di ponsel anda.
pertama kelihatannya ribet tapi kalo udah biasa jadi enak banget praktis.
Caranya begini:
Buka new document di notepad (windows)
Input/Ketik dengan benar tulisan sbb: (kalau takut salah copy-paste saja)
BEGIN:EMELODY
VERSION:1.0
MELODY:
END:EMELODY
Cari ringtones yang tertulis di banyak site, seperti contoh:
Beauty and The Beast
EGB+CFpppEGB+C+Dppp+E+D+E+G+ Cppp+CB+C+EFppp+E+F+D+E+Cppp
Beverly Hills Cop
Fp#Gfpf#apfp#dpFp+Cfpf+#cp+cp# gpfp+cp+fpf#dp#dcpgpF
Copy-paste bagian nadanya ke dokumen yang anda buka tapi di bagian
MELODY:……..
contoh:
BEGIN:EMELODY
VERSION:1.0
MELODY:#D#A+F#A+G+F#A+F#D#A+F#A+ G+F#A+FCG+DG+#D+DG+DCG+DG+#D+DG+D
END:EMELODY
Perhatikan!! jangan ada spasi di depan (setelah tanda “:”) dan dibelakang
setelah nada terakhir atau diantara nada
Save document notepadnya.
Rename document sehingga extentionnya bukan *.txt tapi *.emy
Klik kanan document itu dan send to infrared recipients (tentu saja
setelah mengaktifkan irda di HP dan menghadapkannya ke irDa PC).
HP ericsson anda akan menerima file tsb sebagai ringtones, tinggal di
save deh…… 
” 7
UPGRADE FIRMWARE
Pertama-tama yang harus di ingat:
- Seluruh upgrade firmware dapat merusak ponsel anda.
- Ponsel anda kemungkinan besar akan hilang garansinya.
10 Step yang harus di perhatikan untuk keamanan proses upgrade:
Charge ponsel anda minimal 50% penuh. Karena proses upgrade akan memakan listrik yang cukup banyak.
Jika anda memiliki pilihan untuk meng-upgradenya dengan system DOS atau Windows, pilih DOS system, karena lebih stabil.
Matikan seluruh program baik yang berada di layar PC monitor atau di taskbar computer anda. Ini tuntuk menjaga komputer anda mengalami malfunction dengan program upgrade anda.
Anda dapat meng-upgradenya dari v01 langsung ke v20 dalam satu kali kerja. Setelah ponsel anda di upgrade ke versi lebih tinggi, maka anda tidak dapat men-downgrade nya ke versi yang lebih rendah.
Matikan Ponsel dan lepaskan SIM card. Kita tidak akan mengetahui kapan kita akan menerima SMS atau telepon masuk.
Nyalakan ponsel tanpa SIM card terpasang.
Connect datacable dari PC anda ke ponsel
Jalankan software upgrade dan ikuti petunjuk di software tersebut.
Setelah selesai, matikan ponsel dan pasang kembali SIM card anda.
Turn it on… 
MEMPERKUAT SINYAL HP
Buat yang mau nambah sinyal HPnya biar rada OK, silahkan dicoba cara dibawah ini dijamin murah meriah dibandingkan musti beli alat yang mahal.
Pake aluminium penutup kaleng susu (bukan kalengnya, adanya setelah dibuka tutup kalengnya)
Tinggal potong sesuai dengan ukuran bagian belakang handset dan batere (jangan sampai mengenai kontak pin handset ke batere)
Kalau tidak punya yang diatas, bisa pake aluminium wrap (buat bungkus makanan, bukan yang plastik)
Caranya hampir sama tetapi disarankan didouble supaya agak tebal sedikit
Buat yang pake Nokia seri 5XXX, 6XXX lumayan juga buat batere jadi tidak goyang.
“Mult
MENGATASI BATERE SOAK HP
Batere Hand phone anda soak? Atau mendadak ngedrop? Tidak bisa simpan lama? Ada cara mudah untuk mengatasinya.
Mungkin buat rekan2 yg sudah beli Majalah T&t bulan lalu, anda mungkin sudah baca tips dan trik merawat batere disponsori oleh Valentine (isinya satu bendel bonus).
Buat yg belum baca, ada baiknya saya ringkas. Batere yg soak tadi, disebabkan oleh efek memori karena ada beberapa bagian selnya yg kering. Cara ini bisa diatasi dengan menghubung singkatkan kutub2 batere dengan resistor (bisa juga dengan lampu mobil).
Tapi ada satu cara lagi yg jauhh lebih sederhana, yaitu dengan cara dijemur . Cara ini ternyata efektif! Batere nya bisa apa saja, NiMH NiCad dan Li ion.
PS : jangan dicoba pada batere lithium polimer! karena malah akan tambah rusak!
1. Batere yg ngedrop tadi, dilepas dari handphone.
2. Jemurlah pada matahari terik sekitar jam 12 an siang.
3. Jemurlah kira kira selama satu jam ditempat yg aman. Kalau hujan jangan lupa diambil baterenya, nanti malah kebasahan. Satu jam itu harus benar2 terik, nggak boleh kepotong mendung atau hujan.
4. Setelah selesai dijemur, charge lah batere tersebut penuh penuh. Kemudian pakai. Lihat hasilnya!
Sinar matahari akan membuat panas batere, yang kemudian akan ‘mencairkan’ sel batere yg kering tadi.
Cara ini mengingatkan saya pada jaman sekolah dulu, dimana radio transistor masih ngetrend, dan ibu ibu arisan pada menjemur batere bekasnya, sekedar untuk mengirit! tapi ternyata efektif juga diterapkan pada batere HP 
Menghilangkan bunyi “Krekek-krekek” pada S45
S45 kadang ada bunyi krekek-krekek pada bagian penutup baterai. Ini di karenakan ada stiker garansi yang asal asalan menelmpelnya. Coba di rapihkan stiker garansi yang ada di Baterai dan Casingnya. Jadi intinya jangan sampai ada yang menghalangi dudukan si penutup dan baterai. 
9
Tips merawat LCD
Jika ponsel Anda dalam masa garansi sebaiknya jangan melakukan perubahan (modifikasi) apapun di luar petunjuk penggunaan, semisal ingin mengikuti trend mengganti lampu. Sebab jika itu dilakukan, tidak ada jaminan lagi bagi kerusakan ponsel, lagi pula mengganti lampu yang bukan aksesoris resmi dapat menimbulkan risiko kerusakan yang serius pada ponsel kesayangan Anda. Semisal lampu yang mudah pecah atau dudukan yang tidak pas dalam ponsel.
biasanya setiap ponsel yang telah melewati masa dua tahun pemakaian akan mengalami gangguan pada mulai melemahnya daya pada LCD. Jika demikian datanglah ke service resmi dan gantilah contact LCDnya.
Jangan terlalu sering terkena guncangan, jika dibiarkan lama kelamaan contac LCD akan mengalami kerusakan.
Jangan tertekan atau ditekan. Ini merupakan anjuran penting karena jika sampai tertekan layar LCD akan mengeluarkan cairannya dan dijamin gambar tidak akan keluar.
Jangan terlalu lama terkena sinar matahari langsung, ini dapat mengurangi kinerja kualitas kristal pada LCD.
Jangan sering berada pada suhu dingin, sebab lagi-lagi kinerja LCD akan terganggu.
Pilihlah casing yang pas, untuk casing orisinil sih tidak masalah, yang perlu dipaerhatikan jika membeli casing yang aspal (asli tapi palsu)
Hati-hati dengan jarak kaca casing dengan LCD di dalam, sebaiknya jangan terlalu dekat
BESARNYA RADIASI HP
Anda ingin tahu seberapa besar kekuatan radiasi HP anda? Ini ada cara mudah.
Sediakan :
1. Kawat tembaga berlapis email sekitar 3 meter diameter 0.1 mm . (harga di pasaran sekitar 750 perak semeter).
2. Paku besi ukuran 12 cm 1 buah ( kalau 1 buah minta saja di toko material )
3. Multi tester digital (yg bisa mengukur kuat arus / amper), jangan pakai multitester jarum, karena pergerakan jarumnya akan kecil sekali tidak terlihat.
Cara membuat:
1. Gulunglah kawat email tersebut di paku besi, sisakan kedua ujung2 kawat email tersebut. Anda ingat cara membuat magnet dari paku dililiti kawat tembaga waktu SD dulu? Yah, prinsip menggulungnya mirip2 demikianlah.
Gulung pelan pelan, kalau sudah sampai ujung paku, lilitannya ditumpuk saja lapis berikutnya, tidak perlu terlalu rapi.
2. Nah, setelah itu kupas kedua ujung kawat email tersebut, kemudian hubungkan ke multitester.
3. Multitesternya di set ke ukuran 10 mikroamper (10 uA).
4. Ambil HP anda, kemudian dekatkan ke kumparan yg kita buat tadi. Lakukan hubungan keluar.
5. Nah, di tester kita akan terdapat sebuah nilai.
Mengenai kuat tidaknya radiasi, saya tidak tahu standarnya berapa, tetapi kalau angka nilai nya makin besar, berarti radiasinya lebih besar pula. Untuk membuktikannya, anda harus memakai minimal 2 HP yg beda merek 10
ETIKA BERPONSEL DAN TIP TRICK MEMBELI HANDPHONE SECOND
Untuk kita ketahui memang agar kepala kita tidak benjot karena handphone, maka ada baiknya anda memperhatikan etika berponsel berikut ini :
1. Jangan menyalakan handphone pada suasana yang memerlukan ketenangan dan berkonsentrasi, misalnya di Bioskop, dan saat kuliah. Bila di HP anda terdapat fasilitas getar, pakai saja daripada memakai dering.
2. Jangan bicara terlalu keras lewat HP, HP masih terkesan barang yang mewah. Sehingga kalau anda berbicara keras dengan HP yang bagus ada kemungkinan anda dituduh pamer.
3. Usahakan tidak berponsel di ruangan yang bebas dan terbuka. Ada banyak sekali pencuri dan jambret yang siap-siap mengintai anda.
TIP TRICK MEMBELI HANDPHONE SECOND.
1. Usahakan dalam setiap pembelian anda mendapatkan dos dan buku. Hal ini diperlukan sebab telah banyak handphone second curian yang banyak diperjualbelikan. Dan buku banyak sekali manfaatkan untuk mendapatkan manual dan mengoptimalisasi penggunaan HP anda.
2. Pastikan nomor IMEY HP cocok dengan IMEY yang tertera di dos. dan tanyakan nomer security code.
3. Pastikan baterai tidak drop, usahakan mendapatkan minimal garansi baterai selama 2 hari.
4. Lihat tanggal perakitan dan pembuatan HP melalui kode rahasia yang telah disebutkan pada tulisan di atas.
5. Goyang-goyang HP anda untuk mengetahui ada tidaknya komponen HP yang soak / longgar. Hal ini biasanya juga untuk mengecek keberadaan baterai. Pada beberapa kasus banyak sekali HP yang digoyang-goyangkan ternyata mati sendiri.
6. Pastikan pada mur-mur dalam HP masih terbungkus rapi dengan segel resmi. Hal ini untuk menandakan bahwa HP tersebut belum pernah diservis sembarangan dan bukan barang BM (Black Market).
FUNGSI – FUNGSI SOFTWARE
1. Flasher 477/478b6 : Untuk Ngeflash File *.fls
2. Nokia Tool 1.7/1.8 : Untuk Buka Sim Card
Not accepted/Kartu Ditolak/Baca Room/Baca Security Code
3. Eeprom Tool 3.1 : Untuk MengUpDate / Menaikkan Signal
(Kalau File *.fls Original Telah Di Flash Ke HP)
4. Logger 2.0 : Untuk MengUpdate/Menaikkan Signal
(Kalau File *.fls Modifikasi Telah Di Flash Ke Hp)
11
Berikut adalah yang termasuk ponsel Nokia TYPE DCT3
3210, 3310, 3330, 5110, 5130, 6110, 6150, 7110, 6210, 6250, 8210, 8250, 8850, 5510, 5210, 8855, 3610, 3350, 9110
Berikut adalah yang termasuk ponsel Nokia TYPE DCT4
35xx, 63xx, 63ixx, 65xx, 72xx, 76xx, 83xx, 89xx, 92ixx
PENTING !
Semua file harus di copy-kan dahulu ke harddisk sebelum digunakan. Jangan dijalankan langsung dari CD. Jangan lupa untuk menghilangkan atribut Read Only pada semua file, folder dan sub folder.
File .rar dibuka dengan menggunakan software WinRAR. Instal WinRAR terlebih dahulu berikut file crack-nya.
Gunakan REMOTE UNLOCK PHONECODE, PHONE DISABLED, CHANGE IMEI, REPAIR WRONG SOFTWARE jarak jauh. Tipe HP utk Remote Unlock :
A35/36, C/M/S35, S40, C/S/ME45 & SL45.
Kirim file .log ke s3nt4@telkom.net atau s3nt4@yahoo.com.
Remote unlock bisa menggunakan Logger3, Logger4.
CODE DAN RAHASIA HP
Dewasa ini handphone sudah bukan menjadi barang mewah lagi bagi beberapa orang, apalagi bagi mahasiswa STTS yang berasal dari golongan menengah ke atas. Harga handphone yang terus menurun seiring dengan dengan semakin berkembangnya teknologi, membuat alat yang satu ini semakin digandrungi orang saja. Belum lagi masuknya HP BM (Black Market) atau HP second dari luar negeri (Thailand, Singapura dll.) membuat harga yang terus merosot.
Nah, seiring dengan berkembangnya teknologi tersebut, HP-HP keluaran baru (tahun 1995 ke atas) telah dilengkapi software yang didalamnya mengandung “secret code” atau kode rahasia. Banyak pula user atau pemakai yang tidak mengetahui hal ini. Secret code ini biasanya dipakai oleh mereka yang biasanya bergerak dalam bidang jual-beli atau pusat service handphone untuk mengecek keberadaan mesin handphone tersebut. Untuk diketahui bahwa tidak semua handphone yang meskipun sama persis jenis dan tipenya (misalnya Nokia 5110) belum tentu dapat menggunakan secret code yang sama pula. Hal ini disebabkan software yang dipakai HP tersebut kemungkinan dicopykan dari versi yang berbeda.
Dalam hal ini penulis mendapatkan banyak sumber dari internet, pengalaman penulis dan berbagi informasi dengan sesama consumer produk HP. Dari internet anda dapat membrowsenya pada alamat http://www.anteromas.com dan http://globalteleshop.com/. Selanjutnya hal-hal yang terjadi akibat dari penggunaan secret code ini bukan menjadi tanggung jawab penulis, meskipun banyak dari secret code ini yang telah sukses diuji-cobakan pada berbagai jenis HP. Langsung saja, dibawah ini terdapat “secret code” yang dikelompokkan menurut jenis Hpnya. 
12
Motorolla
1. Mengubah kontras LCD
*#9998*0523#
2. Monitor status jaringan/RBS terdekat
*#9998*0324#
3. Melihat tegangan dan temperatur baterai
*#9998*0228# 
SECRET CODE UMUM
1. Akses Menu Tanpa Kartu SIM
Hidupkan ponsel, tekan : **04*0000*0000*0000# , pada pesan “wrong pin” tekan panah kanan, (menu keluar)
2. Free Calls
*#746025625# , Dan anda dapatkan 3 menit Free Calls.
3. Ganti PIN1
**04*oldPIN1*newPIN1*newPIN1# [SEND]
4. Ganti PIN2
**042*oldPIN2*newPIN2*newPIN2# [SEND]
5. Cancel Setting Sebelumnya
##61#SEND
6. Tidak menampilkan nomor anda pada lawan bicara:
#30#nomortelepon[SEND]
7. Menampilkan nomor anda pada lawan bicara:
*30#nomortelepon[SEND]
8. Lihat status #tel being sent:
*#30#
NOKIA 5110/5120/5130/5190 
IMEI number: * # 0 6 #
Software version: * # 0 0 0 0 #
Simlock info: * # 9 2 7 0 2 6 8 9 #
Enhanced Full Rate: * 3 3 7 0 # [ # 3 3 7 0 # off]
Half Rate: * 4 7 2 0 #
Provider lock status: #pw+1234567890+1
Network lock status #pw+1234567890+2
Provider lock status: #pw+1234567890+3
SimCard lock status: #pw+1234567890+4
NOKIA 6110/6120/6130/6150/6190 
IMEI number: * # 0 6 #
Software version: * # 0 0 0 0 #
Simlock info: * # 9 2 7 0 2 6 8 9 #
Enhanced Full Rate: * 3 3 7 0 # [ # 3 3 7 0 # off]
Half Rate: * 4 7 2 0 # 
NOKIA 3110 
IMEI number: * # 0 6 #
Software version: * # 0 0 0 0 # or * # 9 9 9 9 # or * # 3 1 1 0 #
Simlock info: * # 9 2 7 0 2 6 8 9 
13
Nokia
1. Display IMEI (5110, 6110, 9110)
*#06#, YES
2. Melihat versi software
*#0000#, YES
3. Memperkuat sinyal ® Memperboros baterai (9110, 5110, 61xx, 8810, 3210)
*3370#, YES.
Mengembalikan ke kondisi asal
#3370, YES.
HP langsung rebotting setelah penekanan tombol tersebut.
4. Sinyal dengan kekuatan ½ aktif ® Mengirit baterai (9110, 5110, 61xx, 8810, 3210)
*4720#, YES
Mengembalikan ke kondisi asal :
#4720#, YES
HP langsung rebotting setelah penekanan tombol tersebut/
5. Memperlihatkan status “Provider-Lock” (5110, 61xx, 8810, 3210)
#pw+1234567890+1# atau #pw+1234567890+3#
6. Memperlihatkan status “Network-Lock” (5110, 61xx, 8810, 3210)
#pw+1234567890+2#
7. Memperlihatkan status “SIM Lock” (5110, 61xx, 8810, 3210)
#pw+1234567890+4#
8. Memperlihatkan versi software (3110, 3810, 3xxx)
*#3110#, YES.
Contoh :
V 07.11 Software version.
24-09-97 The date of the software release.
NHE-8 Type of phone
9. Memperlihatkan kode garansi/serial number (3110, 3810, 3xxx, 8110, 5110, 8810)
*#92702689# (= *#war0anty#) lalu akan di tanya “warranty code”, masukkan :
6232 (OK) : bulan dan tahun pembuatan
7332 (OK) : tanggal diperbaiki
7832 (OK) : tangal di jual
9268 (OK) : Serial Number
37832 (OK) : Set Tanggal di jual (hanya satu kali)
87267 (OK) : Transfer data ke NOKIA
10. Memperlihatkan versi software (8110)
*#8110# , YES.
11. Memperlihatkan versi software (6110)
*#170602112302#, YES
12. Memperlihatkan versi software (8810)
*#0000# 
14
10. PPM-Edit
Cara Merubah Dering, Language, Bitmap, View, Font, Operators Nokia 
Menggunakan Software PPM-Edit (CD Nokia Service)
Open File MCU+PPM (*.fls, ukuran file ini 1.856 KB) misalnya dari CD Backup.
Kemudian edit Ring-Tones, Language, Bitmap, View, atau Fonts.
Simpan File (*.fls)
NET MONITOR
Berikut adalah daftar kode display utama pada Menu Net Monitor : 
1 – Serving cell info
2 – More info about serving cell
3 – Serving cell, 1st and 2nd neighbour
4 – 3rd, 4th and 5th neighbour cells
5 – 6th, 7th and 8th neighbour cells
6 – Network selection display
7 – System information bits for serving cell
10 – Paging Repeat Period, TMSI, Location Update Timer, AFC and AGC
11 – Network parameters
12 – Cyphering, hopping, DTX Status and IMSI
13 – Uplink DTX switching display
14 – Toggle Screening Indicator
17 – Switch BTS_Test Status
18 – Lights status control
19 – Toggle Cell Barred Status
20 – Charging status
21 – Constant voltage charging display
22 – Battery full detection
23 – Battery and phone state
34 – FBUS display
35 – Reasons for SW resets
36 – Counters for resets
38 – Memory dump
39 – Information about reasons for call clearing
40 – Reset handover counters
41 (in singleband phones) – Handover display
41 (in dualband phones) – Handover display, INTER CELL
42 (***in dualband phones) – Handover display, INTRA CELL
43 L2 display
44 – Toggle revision level
45 – Toggle transmitter functionality
51 – SIM information
54 – Block display 1
55 – Block display 2
56 – Block display 3
57 – Memory status before reset
60 – Reset counters to zero 
15
61 – Search and reselection counter display
61 (dualband) – Search and reselection counter display
62 – Neighbour measurement counter display
63 – Call attempts counters
64 – Location Update attempts counters
65 – SMS attempts counters
66 – SMS timeout counters
70 – Temporary counters of DSP
71 – Control DSP audio enhancements 1
72 – Control DSP audio enhancements 2
73 – Generic display for DSP Audio Enhancements
74 – DSP audio enhancements 1 (DRC)
75 – Audio path status
76 – Ear (= downlink) audio display
77 – Microphone (= uplink) audio display
78 – DSP audio enhancements (AEC)
79 – Audio equalizer display
80 – Reset and restart timers
81 – Enable or disable timers
82 – Test timer display
83 – Control of task information displays
84 – Information of task numbers 0 – 7
85 – Information of task numbers 8 – 15
86 – Information of task numbers 16 – 23
87 – Information of OS_SYSTEM_STACK
88 – Information of the current MCU and DSP software versions
89 – Information of the current Hw and TXT versions
Mungkin hanya kode display yang penting-penting saja yang bisa anda coba. Seperti kode display 23 = Battery and phone state monitor, yang sering digunakan untuk mencek kondisi baterai.
Contoh : Kode 23 (Battery and phone state)
Salah satu contoh Menu Net Monitor untuk mengetahui kondisi baterai ponsel Nokia anda. Program Net Monitor dari logo manager ini untuk informasi baterai di sandikan dengan angka 23. Agar dapat memahaminya anda bisa melihat gambar yang saya sertakan. 
1. Angka paling atas yaitu 3530 (dalam mV) menunjukkan tegangan baterai saat tranmitter sedang aktif, sedangkan sebelahnya yaitu 3854 (dalam mV) menunjukkan tegangan baterai saat tranmitter tidak aktif.
2. Angka 570 menunjukan arus dari charger (dalam mV) jadi bisa memantau kondisi arus dari charger. Angka 3888 (dalam mV) menunjukkan tegangan baterai dalam kondisi standbye. 
16
3. Angka 0 dibaris ketiga menunjukkan umur, semakin kecil (paling kecil adalah 0) berarti kondisi baterai semakin baik. Jika sering melakukan charging dengan tidak benar biasanya angka ini semakin besar. Di tengah angka 72 menunjukan sisa baterai (dalam %). Disebelahnya merupakan kosumsi daya yang dipergunakan ponsel. Bisa dilihat beda kosumsi daya, antara saat standbye dan saat lampu dinyalakan ataupun saat melakukan panggilan. 
4. Baris terakhir Angka 25 menunjukan tempetatur baterai Li-Ion, jika baterai yang digunakan selain Li-Ion, maka kolom ini akan bernilai 0, kolom tengah angka 28 menunjukan jumlah arus yang telah dicharge (dalam mA), sedangkan kolom terakhir merupakan jumlah arus 
selanjutnya yang akan dicharge setelah jumlah arus pada kolom tengah tercapai.
Untuk keluar dari menunya tinggal isi 00 lalu tekan OK/Send.
Untuk menonaktifkan Net Monitor dgn menekan angka 241 OK
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KUSUMA TERATE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger